Friday, August 6, 2010

Materi Komprehensif 2 :

Teori Akuntansi
Akuntansi Keuangan

1. Apa cost? contoh!
Cost adalah harga perolehan dari suatu aktiva (jumlah yang dikeluarkan untuk memperoleh aktiva (akumulasi pengeluaran). Or suatu jumlah tertentu yang diukur dalam bentuk uang dari kas yang dibelanjakan atau barang lain yang diserahkan, modal saham yang dikelurkan, jasa yang diberikan, atau utang yang dibebankansebagai imbalan atas barang atau jasa yang diterima atau akan diterima. (APB/Sofyan safri) contoh harga perolehan mesin

2. Apa expense? contoh!
Expense adl arus keluar atau penggunaan lain dari harta (penggunaan aktiva) atau terjadinya kewajiban (atau kombinasi keduanya) selama satu periode dari penyerahan atau produksi barang, penyerahan jasa, atau kegiatan lain yang merupakan operasi utama kesatuan tersebut (Kieso) from FASB or semua biaya yang telah dikenakan dan dapat dikurangkan pada penghasilan (com on terminology).

3. Jelaskan elemen2 laporan keu, dan definisinya!
Neraca (unsur untuk pengukuran posisi keu)
a. Aktiva/Harta: Kemungkinan manfaat ekonomi yang diperoleh atau dikendalikan oleh suatu perusahaan dimasa yad/dimasa depan sebagai hasil dari transaksi-transaksi atau kejadian yang lalu (FASB). Or sumberdaya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darimana manfaat ekonomi dimasa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan (SAK).
Yang dimaksud manfaat ekonomi adal potensi aktiva tsb untuk memberikan sumbangan baik langsung atau tdk lgsng. Ex aset bisa dikombinasikan dengan set lain untuk memproduksi barang, ditukar aset yang lain,diberikan kepada pemilik, untuk mengganti kewajiban
b. Kewajiban: kemungkinan pengorbanan manfaat ekonomi dimasa yad yang timbul akibat kewajiban perusahaan sekarang untuk masa yad sebagai hasil dari transaksi2 atau kejadian yang lalu. Or Merupakan hutang perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus kas keluar dari sumber daya perusahaaan yang mengandung manfaat ekonomi (SAK).
Penyelesaian kewajiban dapat dilakuakan: pembayaran kas, penyerahan aktiva lain, pemberian jasa, penggantian kewajiban tsb dgn kewajiban lain, konversi kewajiban menjadi ekuitas. Or kreditor membebaskan haknya.
c. Ekuitas: suatu hak yang tersisa atas aktiva suatu kesatuan setelah dikurangi kewajibannya.or hak residual atas aktiva perush setelah dikurangi semua kewajiban (PSAK).
Investasi pemilik: penambahan dalam harta bersih perusahaan tertentu yang dihasilkan dari transfer kesatuan lain atau penambahan kepemilikian. Harta adalah bentuk ynag paling umum diterima sbg investasi pemilik, tetapi penerimaan ini mencakup juaga jasa atau kepuasan, atau konversi kewajiban perusahaan.
Pembagian kpd pemilik: pengurangan harta perusahaan ttt yang ditimbuklakn dari penyerahan barang dan jasa atau terjadinya kewajiban bagi perusahaan kepada pemiliknya. Pembagian kepada pemilik mengurangi kepemilikan (ekuitas) dalam suatu perushaan.
L/R
a. Revenue: Arus masuk atau peningkatan nilai aset dari suatu kesatuan atau penyelesaian kewajiban dari kesatuan atau gabungan keduanya selama periode tertentu yang berasal dari penyerahan produksi barang, pemberian jasa atau pelaksanaan kegiatan lainnya yang merupakan kegiatan utama perushaan or hasil dari penjualan barang atau jasa yang dibebankan kepada langganan atau mereka yang menerima jasa (commitee on terminology).
b. Expense: sama dg atas.
c. Gain: naiknya nilai equity (harta bersih) dari transaski yang sifatnya insidentil dan bukan kegiatan utama kesatuan dan dari transaksi kejadian lainnya yang mempengaruhi entity selama satu periode tertentu kecuali yang berasal dari pendapatanhasil dan investasi dari pemilik. Ex: pos yang timbul dari pengalihan aktiva tak lancar.
d. Loss: turunnya nilai equty (harta bersih) dari transaksi yang sifatnya indidentil dab bukan kegiatan utama kesatuan dan dari seluruh transaksi kejadian lainnya yang mempengaruhi kesatuan sekama periode tertentu kecuali yang berasal dari biaya dan pembagian kepada pemilik.
Laba komprehensive: perubahan nilai equity (harta bersih) suatu kesatuan selama 1 periode dari transaksi dan kejadian serta keadaan lainnya pada sumber2 bukan pemilik. Ini meliputi semua perubahan dalam ekuitas selama suatu periode kecuali yang timbul dari investasi pemilik dan pembagian kepada pemilik. Ex: transaksi yang berhub dengan periode lalu, koreksi kesalahan

4. Apakah Extraordinary item?
Kejadian atau transaski yang terdiri atas 2 kriteria:
a. Bersifat tidak normal (tidak biasa)/unusual artunya memiliki tingkat abnormal yang tinggi dan tidak berhubungan dengan aktivitas perushanaan sehari2.
b. Tidak sering terjadi/infrequency of occurance: secara rasional tidak akan terjadi berulang kali, atau tidak diharapkan akan terjadi dimasa yad
Selain itu jumlahnya material.Untuk itu harus dilaporkan setelah dikurangi pajak. Jika jumlahnya tidak material dapat digabungkan ke dalam L/R dan tidak dikurangi pajak. INGAT!! Pos luar biasa harus dikurangi pajak penghasilan yang berlaku!!!
Pos luar biasa harus dipisahkan dari hasil usaha sehari2 dan ditunjukkan secara terpisah dalam perhitungan laba rugi disertai pengungkapan mengenai sifat dan jumlahnya.
Jika memenuhi satu tidak tergolong pos luar biasa.
Harus diperhatikan faktor lingkungan perusahaan, frekuensi kejadian, karakteristik industri, faktor geografis. Exbanjir, bencana alam.

5. Beda neraca dan laporan laba rugi?
Lap keu: output dan hasil akhir dari proses akuntansi.
Neraca:menggambarkan posisi keu perusahaan pada suatu tanggal ttt. Artinya menggambarkan aktiva, kewajiban dan modal perusahaan.
L/R: menggambarkan jumlah hasil, biaya, dan L/R perusahaan pada suatu periode ttt. Artinya menggambarkan hasil operasi perusahaan

6. Apa full disclosure?jika dikaitkan dengan kontingensi?m(Kieso)
Lap keu harus disajikan full (penuh), fair (wajar), dan adequate (cukup). Full berarti lap keu berisi cukup informasi sehinggan pemakai paham dan tidak salah tafsir . Intinya kelangkapan penyajian informasi.
Prinsip pengungkapan penuh mensyaratkan pelaporan penuh atas setiap kenyataan keuangan yang cukup berarti untuk mempengaruhi pertimbangan pembaca yang terinformasi. Artinya bahwa harus ada penyediaan informasi yang cukup penting untuk mempengaruhi penilaian dan keputusan pemakai. Sifat dan jumlah informasi yang dimuat dalam lap keu mencerminkan sejumlah pertimbanagn pertukaran: dapat menunjukkan perbedaan dan inf tsb dapat dimengerti.
Lap keu dasar tdr dr: lap keu dan catatan pada lap keu
Bidang yang lgs dipengaruhi standar FASB yang ada: lap keu dan catatan pada lap keu dan inf tambahan
Pelaporan keuangan: yang diatas ditambah sarana lain pelap keu seperti diskusi dan analisis manajemen, surat kpd pmgng saham
Catatan: mnedukung atau menjelaskan unsur2 yang disajikan dalam lap keu utama. Ex penjelasan atas kebijakan dan metode akt, penjelasan mengenai ketidakpastian, statistik
Inf tambahan: meliputi perincian dan jumlah yang menyatakan perspektif yang berbeda dari yang dimuat dalam lap keu. Bisa Berupa inf kuantitatif yang relevan tapi kurang diandalkan, inf yang membantu tapi tdk begitu penting.
Hal2 yang perlu diungkapkan dalam catatan dan penjelasan akt:
-kebijaksanaan akt, penjelasan perkara pengadilan, kewajiban kontingensilaba rugi dan komitmen tidak biasa, rencana penggabungan usaha, pejelasan jenis saham, jumlah pebusutan dan biaya riset dan pngmbangan, penjelasan pos penting: umur piutang, persediaa, aktiva, penjualan, penjelasan pajak penghasilan.

 Kontingensi?
Merupakan suatu kondisi atau situasi dengan hasil akhir berupa keuntungan atau kerugian yang baru dapat dikonfirmasi setelah terjadinya atau tdk tjdnya satu atau lebih peristiwa yang tidak pasti terjadi di masa depan (SAK)
Kewajiban kontingensi tergantung pada terjadinya atau tdk tjdnya satu atau lebih kejadian masa depan untuk meneguhkan jumlah yang harus dibayar, tanggal pelunasanatau keberadaan kewajiban itu.
Terdiri reasonable (kemungkinan besar), reasonably possible (cukup mungkin), dan remote (kemungkinan kecil).
Pos2 yang diakrualkan: piutang tak tertagih, jaminan produk, hadiah penjualan
Pos2 yang tdk diakrualkan: risiko kebakaran, risiko bisnis
Tergantung pd situasi: ancaman pengambilalihan, perkara pengandilan yang ditunda, jaminan atas hutang)
Pengungkapan kontingensi kerugian: Jika sangat mungkin, walaupun tudak diakrualkan di naraca perlu ada pengungkapan dalam catatan:
a. Sifat dari kontingensi
b. Taksiran kemungkinan kerugian atau kisaran kerugian atau suatu pernyataan bahwa tidak ada estimasi yang dapat dibuat.
Harus kemungkinan besar dan cukup kemungkinan terjadi.

Kontingensi lain yang harus diungkapkan sekalipun kemungkinan kerugiannya sangat kecil adalah sbb:
a. Jaminan atas hutang pihak lain.
b. Kewajiban bank komersial menurut stand by letter of credit
c. Jaminan untuk membeli kembali piutang (atau kekayaan lain yang berkaitan) yang telah dijual tau digadaikan.

7. Apa Stewardship report?
Maksudnya bahwa laporan keuangan menunjukkan apa yang telah dilakukan oleh manajmen atau bisa dikatakan lap keu merupakan pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.

8. Bagaimana perlakuan going concern pada BTO (Bank Take Over)?
Dalam menyusun lap keu harus dianggap bahwa perusahaan ynag dilaporkan akan terus beroperasi pd masa2 yad./berumur panjang.
Implikasi prinsip ini:
- Prinsip biaya historis akan terbatas kegunaannya, jika diasumsikan akhirnya likuidasi ex: pd likuidasi nilai harta lebih baik disajikan pada nilai bersih yang direalisasi(harga jual kurangi penjualan) daripada harga perolehannya.
- Kebijakan penyusutan dan amortisasi juga leb ih tepat.
- Klasifikasi harta lancar dan tetap akan tidak berarti kalo pend likuidasi.
Jika lap keu tidak disusun berdasarkan asumsi going concern maka kenyataan tersebut harus diungkapkan bersama dengan dasar lain yang digunakan dalam penyusunan lap keu serta alasan mengapa asumi GC tsb tdk dpt digunakan (SAK)
 BTO: Bank yang kepemilikannya telah diambil alih oleh pemerintah

9. Apa prinsip matching principles?
Biaya harus dibebankan sesuia dengan pengakuan dan periode penghasilan. Beban diakui dalam lap LR atas dasar hub langsung antara biaya ynag timbul dengan pos penghasilan tertentu yang diperoleh. Kalau manfaat ekoomidiharapkan timbul selama beberapa periode akuntansi dan hubungannya dengan penghasilan hanya dapat ditentukan secara luas atautak langsung, maka beban diakui dalam LR atas dasar prosedur alokasi yang rasional dan sistematis.
Ada 2 konsep:
- Direct matching
Pada saat penjualan diketahui, hasil match dg biaya yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual Ex: HPP
- Indirect matching
- Biaya periodik secara tdk langsung dikaitkan dengan biaya pada periode sekarangEx biaya sewa toko
- Biaya seragam pegawai
- Jika tdk dianggap akan memberikan kontribusi thd hasil yad mengapa tdk dibebankan periode sekarang Ex asuransi ddm mobil u 3 th tahun ke 2 mobil dijual
- Biaya yang berulang-ulang
- Biaya bersifat join cost sukar diasosiasikan hasil tertentu.

10. Apakah produst cost dan apakah period cost?contoh!
Product cost: biaya untuk membuat suatu produk dari bahan mentah menjadi produk jadi yang terdiri dari biaya BB , TK dan overhead.
Period cost: biaya yang dibebankan segera meskipun manfaat yang berhubungan dengan biaya2 ini baru timbul dikemudian hari, karena tidak ada kaitan langsung antara biaya dengan pendapatan. Ex sewa kantor, biaya penjualan dan adm dimasukkan juga dalam biaya periode.

11. Aktiva tetap? Aktiva tak berwujud termasuk aktiva tetap tidak?
Harta yang bersifat tahan lama yang digunakan dalam operasi yang biasa dari perusahaan. Harta ini terdiri dari kekayaan fisik. Harta tak berwujud tdk mempunyai substansi fisik dan biasanya mempunyai tingkat ketidakpastian tinggiberkenaan dengan manfaat masa depannya.

12. Pencatatan untuk piutang dan wesel?
Piutang: klaim thd pelanggan dan yang lain atas uang, barang, atau jasa
Piutang usaha: bagian dari operasi bisnis yang normal
Piutang dagang: janji membayar biasanya jangka waktu 30-60 hari
Wesel: janji tertulis dari pembuatnya untuk membayar jumlah uang tertentu pada tgl ttt dimasa depan can dapat timbul dari penjualan pendanaan atau transaksi lain. Wesel bisa jangka pendek atau pajang
Pengakuan: dengan metode kotor atau bersih. Biasanya kotor. Ex penj 20000 termin2/10,n/30 ditulispiutang dagang pada penjualan
Penilaian: dilaporakan sebesar nilai bersih yang dapat direalisasi
disposisi: untuk memprcepat penerimaan kas dari piutang, pemilik dapat mentransfer piutang ke perusahaan lain untuk mendapatkan uang kas.
- Piutang wesel
pengakuan: Jumlah pencatatan wesel yang tepat adalah nilai sekarang (present value)dari arus kas masa depan.
Mendapat bunga per bulan, biasanya ke pendanaan
Penilaian: nilai bersih yang direalisasi

13. Jenis lap keu?
Ada 5 yang diwajibkan dalam PSAK, Neraca, L/R, perubahan ekuitas, lap arus kas, catatan atas lap keuangan.

14. Utang
Adl kewajiban suatu perusahaan yang timbul dari transaksi pada waktu lalu dan harus dibayar dengan kas, barang, atau jasa diwaktu yang akan datang.
Utang wesel atau wesel bayar didukung bukti tertullis kesediaan untuk membayar, harus membayar bunga, biasanya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Ada yang dengan bunga: berarti bayar beban bunya. Or dengan tidak berbunga: terdapat selisih antara jumlah yang dibayar pada tanggal jatuh tempo dengan pinjaman yang diterima. Terdapat diskonto atau premi yang diamortisasi dengan garis lurus atau bunga efektif. Diskonto mengurangi piutang wesel di neraca.

15. Beda income dengan gain
Income (penghasilan) adl kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.
Income meliputi revenue dan gain. Revenue timbul dalam aktivitas normal perusahaan. Gain menambah manfaat ekonomi yang mungkin timbul atau tidak timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa. Ex pos yang timbul dalam pengalihan aktiva tak lancar. Termasuk juga keuntungan yang belum direalisasi misalnya revaluasi sekuritas yang dapat dipasarkan dan kenaikan jumlah aktiva jk panjang.

16. Siklus akuntansi!
Siklus akuntansi dimulai dari bukti transaksi yang merupakan dasar dari adanya pencatatan dalam akuntansi. Bukti transaksi dapat berupa nota, kuitansi atau surat keterangan sejenis yang dapat digunakan sebagai bukti atau dasar untuk mencatat transaksi yang terjadi. Setelah bukti transaksi diperoleh dari suatu transaksi selanjutnya akan dicatat dalam jurnal (penjurnalan) baik dalam jurnal umum maupun jurnal khusus (jurnal pembelian, penjualan, penerimaan kas dan pengeluaran kas) kecuali, memo. Setelah dicatat secara sistematis dan teratur selanjutnya diposting ke dalam buku besar (sesuai dengan rekening/akun masing-masing). Apabila terdapat akun yang tidak sesuai atau tidak terdapat dalam akun utama maka dapat diposting melalui buku besar pembantu yang telah dibuat. Posting ini dilakukan untuk mempermudahkan dalam pembuatan laporan keuangan baik neraca, laporan L/R, laporan arus kas dan perubahan modal. Proses selanjutnya adalah pembuatan neraca saldo (trial balance). Dan pada akhirnya neraca saldo digunakan untuk mempermudah dalam membuat neraca, laporan L/R, laporan arus kas dan perubahan modal.

17. Selisih pajak termasuk pendapatan atau gain?

18. Jika perusahaan mengalami kebanjiran maka itu biaya atau rugi?rugi

19. Jika perusahaan mempunyai 2 kendaraan, satu a/n perusahaan satu lagi komisaris mana yang dicatat sebagai harta perusahaan?ke2 nya or salah satu?

20. Tujuan kerangka konseptual laporan keuangan?
- Agar berguna untuk penetapan standar dengan didasari dan dihubungkan dengan konsep2 dan tujuanyang mapan
- Masalah2 praktis yang muncul harus cepat dapat dipecahkan dengan referensi kerangka teori dasar yang sudah ada.

21. Tujuan laporan keu?
7an pelaporan keu (KIESO)
a. berguna bagi investor maupun kreditor untuk pengambilan keputusan.
b. Membantu inv fdan kreditor potensial untuk menilai arus kas masa depan
c. Memberikan informasi mengenai sumber daya ekonomi, klaim thdnya, dan perubahan2 nya.
7an lap keu: menyediakan informasi yang menyangkut posisi keu, kinerja, serta perubahan posisi keu suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.serta menunjukkan pertanggungjawaban(stewardship) manajemen atas penggunaan sumber daya2 yang dipercayakan kepada mereka.

22. Pendekatan dalam penyusunan standar akt keu?

23. Apa Theorytical Conceptual Framework?

24. Kerangka teoritis akuntansi adl pernyataan yang dapat membuktikan kebenarannya sendiri atau disebut juga aksioma yang sudah diterima umum karena kesesuaiannya dengan (untuk meinopang dan mewujudkan) tujuan lap keu yang menggambarkan sifat2 akuntansi yang berperan dalam ekonomi bebas yang ditandai oleh adanya pengakuan pada pemilikan pribadi.

25. Apa konsep dasar?
 Mencakup sifat kualitatif
 Definisi tentang elemen lap keu

26. Sebutkan konsep dasardan jelaskan!

27. Apa arus kas?
Lap arus masuk dan keluarkas atau setara kas selama periode tttdan diklasifikasi menurut aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.7an untuk memberikan informasi yang relevan mengenai penerimaan dan pemabayaran kas dari suatu perusahaan selama 1 periode.

28. Elemen2 dalam arus kas?
aktivitas operasi, : mencakup pengaruh ats kas dari transaski masuk ke dalam penentuan laba bersih (aktivitas penghasil utama perusahaan) .
ex: penjualan barang, penerimaan kas dari royalti fee, pembayaran kas kepada pemasok, pnerimaan atau pembayaran kas oleh perusahaan asuransi.
investasi: mencakup pengadaan dan penerimaan hutang serta perolehan dan disposisi investasi(baik hutang dan ekuitas) serta kekayaan pabrik dan peralatan.
Ex pembayaran kas untuk membeli aktiva tetap dan tak berwujud, penerimaan kas dari penjualan tanah, perrolhan saham, uang muka dan pinjaman
pendanaan.: melibatkan pos2 kewajiban dan ekiuitas pemilik dan mencakup a. perolehan modal dari pemilik dan kompensasinya kepada mereka dengan pengembalian atas dan dari investasi mereka. b. Pinjaman uang dari kreditor dan pembayran kembali hutang yang dipinjam.
Ex penerimaan kas dari emisi saham, pembayaran kas kepada pemeganh saham, pelunasan pinjaman, pembayaran kas oleh penyewa guna usaha

29. Sebutkan transaksi2 kas masuk dalam lap arus kas?

30. Sebutkan transaksi2 kas masuk dalam lap arus kas?

31. Apakah konsep going concern bertentangan dengan konsep periodisitas?
tidak!asumsi periodisitas manyatakan bahwa aktivitas2 ekonomi dari suatu perusahaan dapat dibagi periode2 waktu buatan

32. Apakah lap perubahan ekuitas?
Menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode bersangkuta berdasarkan prinsip pengukuran tertentu yang dianut dan harus diungkapkan dalam lap keu. Lap ekuitas keculai untuk perubahan yang berasal dari transaksi dengan pemegang saham seperti setoran modal dan pembayaran deviden, menggambarkan jumlah keuntungan dan kerugian yang berasal kegiatan perusahaan selama periode yang bersangkutan.

33. Bagaimana depresiasi menambah kas?

34. Karakteristik kualitatif laporan keu?
Menurut SAK: dapat dipahami, relevan, reliabel (penyajian jujur, substansi mengungguli bentuk, netralitas, pertimbangan sehat, kelengkapan), dapat dibandingkan,

35. Warrant?
jaminan/garansi produk adl suatu janji yang dibuat oleh penjual kepada pembeli untuk memperbaiki kekurangan dalam kuantitas, kualitas atau kinerja suatu produk.

No comments:

Post a Comment